Friday, November 1, 2013

SUMPAH PEMUDA bukan SAMPAH PEMUDA (Ayo Budayakan Membuang Sampah pada Tempatnya!)

Berawal dari tugas mata kuliah Marketing Event, kami mahasiswa Advertsing UNS 2011 khususnya kelas A membuat event. Berbagai ide muncul kurang lebih sebulan sebelum hari H, tapi biasalah yaa.. bukan mahasiswa iklan namanya kalau ga eksekusi mepet deadline hahaha...

Sore itu, selesai kuliah Marketing Event kami sedikit panik karena belum ada ide final yang akan dieksekusi. Jeng jeng
Beberapa teman sedang berdiskusi, kemudian saya mencuri dengar. Dan tiba- tiba ide datang secepat cahaya seakan tanpa melintasi kepala dan meluncur begitu saja dari mulut saya.

BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA


Berawal dari rasa prihatin dan sebal ketika saya melihat orang- orang bahkan teman saya sendiri di sekitar kampus yang membuang sampah sembarangan, padahal kampus sudah menyediakan banyak tempat sampah. Tapi apa daya, rasanya masih takut untuk mengajak orang yang belum saya kenal untuk buang sampah pada tempatnya. Naahhh.. kebetulan ada tugas event inih! Woohoo! Saya bisa mengajak, dan menghimbau masyarakat Solo khususnya pengguna CFD untuk membuang sampah di tempat sampah dan saya tidak sendirian karena ide saya mendapat tanggapan positif dari teman- teman dan bahkan respon mereka melebihi yang saya bayangkan. SENANG SEKALI!
Ternyata teman- teman saya masih peduli dengan lingkungan sekitar :') , berawal dari ide spontan ini berkembanglah untuk mengemas acara ini menjadi lebih apik. Mulai dari konsep acara, bentuk kegiatan, hingga merchandise acara berupa t-shirt, sticker, dan trashbag. Semuanya dibahas secara serius dengan beberapa teman sebagai perwakilan kelas. Kebetulan saya ditugasi untuk mendesain logo acara ini, bersama kak @agguswbw . dan ini penampakan logonya 

hasil duet maut kami :D

Tujuan acara ini sangat sederhana, yakni mengajak pengguna CFD Solo untuk membuang sampah di tempat sampah yang kami bawa. Tidak hanya sampah atau bungkus makanan atau minuman yang mereka bawa tapi juga sampah- sampah yang ada disekitar mereka. Dan mereka yang dengan ikhlas melakukannya akan mendapat sebuah sticker dari kami sebagai reward :)

dan ini beberapa foto hasil dokumentasi teman- teman :D




Senang sekali bisa berbaur dengan masyarakat dan mengajak mereka untuk melakukan hal baik walau sederhana. Banyak tanggapan positif yang kami terima saat melakukan kegiatan ini sekaligus tanggapan negatif bahkan ada yang hanya diam saja dan acuh tak acuh. Tapi lebih banyak yang menanggapi dengan baik dan positif, semoga bukan karena dapat sticker dan foto bareng saya *narsis* :))

Sebetulnya ada rasa miris, membuang sampah di tempat sampah bukan hal yang sulit tapi entah kenapa budaya membuang sampah sembarangan lebih populer dibanding membuang sampah pada tempatnya. Dan hikmah dari kegiatan ini adalah saya bisa nyinyirin teman- teman yang masih suka lupa buang sampah di tempat sampah hahaha... "Hayooo! ngajakin orang buang sampah di tempatnya aja bisa, masa buang sampah sendiri dengan benar ga bisa?" :))
Dan mereka yang biasanya cuek bebek bisa mengingatkan satu sama lain soal buang sampah.

Acara ini bukan acara yang besar, dan hanya dilakukan oleh kami sekitar 25 anak muda. Tapi bagi saya pribadi senang sekali bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat walau sangat kecil.
Hayo anak muda, jangan hanya berwacana dan berteriak- teriak untuk menyelesaikan sebuah masalah. Ayo beraksi walau kecil dan sederhana. 

Karena Kita Semua Punya Andil Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan
Yuk Sadar!
Yuk Lakukan!
Yuk Buang Sampah Pada Tempatnya! :)

*dan semoga teman- teman semakin peduli lingkungan dengan adanya event ini, dan tidak hanya berhenti sebagai tugas semata*




No comments:

Post a Comment